Hari Habitat Dunia


Hari Habitat Dunia atau World Habitat Day (WHD) rutin diselenggarakan pada hari Senin pertama bulan Oktober tiap tahun, kali ini diperingati di seluruh dunia untuk menyadarkan kita kembali akan pentingnya pemenuhan kebutuhan perumahan bagi semua warga dengan tanpa terkecuali, dan akan pentingnya mewujudkan permukiman berkelanjutan di era perkotaan yang telah mendunia.

Tema peringatan WHD tahun 2010 kali ini adalah Better City, Better Life, yang menurut PBB dimaksudkan untuk menggaris-bawahi visi kolektif pentingnya perkotaan lestari (berkelanjutan), yang masih menghadapi banyaknya tantangan persoalan perkotaan, yang harus diselesaikan secara sinergik oleh semua pemangku kepentingan agar cepat terwujud kota dan perkotaan yang lebih baik, karena pada kota-kota demikianlah maka penghidupan dan kehidupan yang lebih baik bagi warganya juga akan dapat lebih terjamin. Hal ini dianggap masih sangat sulit dicapai bagi sebuah negara berkembang, seperti Indonesia, sehingga memerlukan tindakan-tindakan yang lebih nyata, yaitu pro-shelter dan pro-settlements di tingkat pusat dan daerah dalam kebijakan dan program pembangunannya.

Kota yang baik adalah yang mampu mencukupi warganya akan hunian yang layak serta permukiman yang responsif dan mendorong produktifitas. Saat ini pemetaan kota yang baik masih sulit dilakukan secara menyeluruh, karena masih terbatasnya data dasar perkotaan yang memadai, yang salah satunya adalah melalui peta jalan di dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) kota/perkotaan. Rencana dan program perumahan dan permukiman untuk sebuah kota untuk minimal 20 tahun mendatang harus konkrit tertuang di dalam RTRW, baik tecermin di dalam kebijakan dan strategi penataan kota, pola dan struktur ruang kota, maupun di dalam indikasi program utama pemanfaatan ruang. Program-program perumahan dan permukiman harus disusun kontekstual sesuai kebutuhan nyata warganya, baik terkait perbaikan lingkungan seperti KIP, peremajaan kawasan, maupun penyediaan kawasan permukiman baru seperti Kasiba/Lisiba, atau bahkan sebagai kota mandiri.

Peringatan WHD 2010 juga harus berujung kepada tindakan-tindakan konkrit bagi pemenuhan kebutuhan perumahan dan permukiman. Karena itu, setiap pemerintah kabupaten/kota terutama yang saat ini sedang melakukan revisi RTRW kabupaten/kotanya, diserukan agar segera pada tahun 2010 ini dapat menyelesaikan penyesuaian kembali atau revisi peraturan daerah tentang RTRWnya. Kepada setiap pemangku kepentingan di daerah, juga dihimbau untuk dapat mencermati muatan substansi sektor perumahan dan permukiman di dalam draft perda RTRW tersebut, sehingga aspirasi warga secara utuh nantinya akan dapat terakomodasi dengan baik. Panduan Hari Habitat Dunia dapat di download disini.(zs)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s