Biopori

Lubang resapan biopori adalah lubang yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah. Diameternya sekitar 10 cm dan didalamnya kira-kira 1 meter. Lubang ini nantinya akan diisi dengan sampah organik untuk memicu terbentuknya biopori.

Biopori sendiri adalah pori-pori berbentuk lubang yang dibuat oleh aktivitas fauna tanah atau akar tanaman. Lubang resapan biopori ini berguna untuk mengatasi banjir karena bisa meningkatkan daya resapan air, mengubah sampah organik dalam lubang jadi kompos, mengurangi emisi gas rumah kaca, memanfaatkan peran aktivitas fauna tanah atau akar tanaman, serta mencegah penyakit yang ditimbulkan genangan air seperti DBD atau Malaria. Bisa dibedanya saluran pembuangan air yang pakai lubang serapan biopori dengan yang tidak.

Alat Biopori

Langkah-langkah membuat biopori :

Kita bisa bikin biopori di : dasar saluran air, sekeliling batang pohon, atas batas taman. Caranya :

  1. Buat Alur untuk membuat beberapa lubang biopori yang akan berjarak 1-2 meter. Lalu airi tanah supaya gampang dilubangi.
  2. Buat lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 cm dan kedalaman 1 meter dengan menggunakan bor biopori
  3. Tanah harus selalu basah supaya bor mudah dipakai
  4. Masukan sanpah organik ke dalamnya. Tambahkan tarus sampah organik saat isi lubang mulai berkurang (terurai)

Menurut penelitian Tim Biopori IPB, satu rumah bisa menghasikan 2 liter sampah tiap hari, sedangkan 1 lubang biopori bisa memuat sampah sekitar 8 liter! Jadi, butuh 3-4 hari supaya lubang resapan biopori penuh. Sampah yang terurai dalam lubang akan menjadi kompos yang bisa digunakan sebagai pupuk alami.

mudah kan… selamat mencoba. (zs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s